Sulawesi Tenggara

Ringkasan Provinsi​

Ibukota

Kendari

Industri utama

Perikanan, Kehutanan, Pertanian


Informasi Pasar

Memasok (undefined)

hide

0

Heads

Impor (undefined)
Ternak

0

Heads

Ekspor (undefined)
Ternak

0

Heads

Ukuran (undefined)
Pasar

0

Tons

Penggemukan ESCAS
di Provinsi (undefined)

0

Feedlot

Rumah potong ESCAS
di Provinsi (undefined)

0

Abattoirs

Pemanfaatan Lahan (Ha)

Infrastruktur Pelabuhan

Pelabuhan untuk Sapi

-

Rute Tol Laut

Tidak tersedia

Waktu bongkar muat (Hari)

Regulasi dan Insentif

-

Feed

Feed Production

Support Systems


Breeding

Cattle
Import

Breeding


Fattening

Fattening


Trading

Cattle
Collector

Interprovince
Trader

External
Market


Processing

Abattoir

Processing


Sektor kuat

Sektor lemah


Gambaran Provinsi

  • Sulawesi Tenggara adalah pasar yang sedang berkembang untuk sapi potong di Indonesia dengan perkiraan defisit daging sapi pada 2019 sekitar 500 ton.
  • Provinsi ini didukung oleh program pemerintah yang berfokus pada pembibitan, seperti program inseminasi buatan massal, disertai kondisi lingkungan yang sesuai untuk usaha ternak sapi potong.
  • Sulawesi Tenggara juga memiliki indeks kualitas lingkungan yang baik dan tersedianya dataran tinggi yang luas, seperti di kabupaten Konawe Selatan dan Kolaka Timur.
  • Produksi ternak sebagian besar bersumber dari petani kecil lokal, dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor ke daerah lain dalam jumlah sedikit.
  • Sulawesi Tenggara adalah pemasok sapi potong untuk provinsi lain di pulau Sulawesi dalam jumlah sedikit. Sementara itu, Sulawesi Tenggara mendapatkan pasokan sapi potong dari provinsi Sulawesi Selatan.
  • Realisasi Investasi Dalam Negeri di Sulawesi Tenggara pada tahun 2020 mencapai 0,2 Miliar USD dan Investasi Luar Negeri sebesar 1,3 Miliar USD.

Data Real-Time Harga Daging Sapi di Tiap Provinsi

SIMPONI-Ternak adalah perangkat digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian RI untuk menjawab tingginya kebutuhan akan informasi pasar, yang mencakup harga real-time untuk beberapa komoditas peternakan di setiap provinsi. Untuk harga daging sapi real-time di setiap provinsi, silakan klik tombol di sebelah kanan.


Rantai Pasok

Pigeon | © OpenStreetMap contributors
Use ctrl + wheel to zoom!
Fokus Provinsi
Pasok Asal
Target Pasar
Rute Pasokan ke Provinsi
Rute Provinsi ke Pasar

Data Makro Provinsi

Sulawesi Tenggara PDRB (miliar USD)

Pilih mata uang

Pilih legenda untuk menyembunyikan data

populasi Sulawesi Tenggara (ribu)

UMR Sulawesi Tenggara (USD)

populasi sapi Sulawesi Tenggara (ekor)

Pertimbangan Investasi​




Cerita dari Lapangan

Cerita Keberhasilan

  • Usaha terintegrasi dengan Kebun Tebu

    Perusahan komersial, Jhonlin, mendirikan kebun tebu di daerah Bombana dan berencana untuk mengembangkan usaha budidaya dan penggemukan ternak. Perusahaan tersebut memulai dengan buruk, dengan stok kerugian yang berat menyebabkan pemberhentian usaha pengembangan usaha sapi potong. Perusahaan Jhonlin menjadi kasus tes ideal karena sudah memiliki area yang cukup luas dan memproduksi tebu serta ingin menjadi produsen sapi potong. 

    Lebih lanjut
  • Kemudahan Berinvestasi Mengundang Investor ke Sulawesi Tenggara

    Banyak program didesain untuk menarik investor dan menumbuhkan ekonomi di Sulawesi Tenggara. Salah satu fokus pemerintah adalah dalam meningkatan populasi sapi potong di Sulawesi Tenggara. Pemerintah menurunkan bunga peminjaman bisnis dari 9% ke 7%, sehingga usaha kecil mampu mendapatkan modal lebih. Pemerintah juga mendukung pemilik usaha kecil untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan BUMN, agar dapat memperoleh dukungan lebih. Inisiatif tersebut membuat nilai investasi dan populasi ternak bertumbuh pesat. 

    Lebih lanjut

Pelajaran yang Didapat

  • Banjir, Mitigasi Pemerintah Belum Berhasil Menyelesaikan Akar Masalah

    Sulawesi Tenggara, terkhusus daerah Konawe memiliki resiko tinggi terhadap banjir.
    Terdapat banyak kejadian banjir di Sulawesi Tenggara. Sejak 2010, telah terjadi 150 kejadian banjir dan masih tetap bertambah. Walaupun pemerintahan telah mengatur bisnis untuk memastikan keberlanjutan ekosistem dan sosial, banyak bisnis yang mengabaikan aturan tersebut dan beroperasi tanpa memperhatikan lingkungan

    Lebih lanjut

Model Bisnis yang Tersedia


Jumlah Feedlot Komersial

0

Jumlah Breedlot Komersial

0

Jumlah Smallholder

52.492

Sulawesi Tenggara didukung oleh program pemerintah yang berfokus pada pembibitan sapi dan kondisi lingkungan yang sesuai untuk usaha peternakan sapi. Ketersediaan lahan rumput terbuka yang luas juga menjadikan model pembibitan secara merumput terbuka lebih umum dilakukan. 

Definitions

  1. Commercial feedlots are legal business entities with the purpose of increasing the weight of the cattle (BPS, Large and Small Livestock Establishment Statistics 2020)
  2. Commercial breedlots are are legal business entities which focus on raising livestock to breed and produce new, young livestock with inherited traits (BPS, Large and Small Livestock Establishment Statistics 2020)
  3. Smallholders atau peternakan rakyat adalah usaha sapi potong skala kecil, umumnya dikelola rumah tangga, dengan jumlah kawanan ternak yang beragam. Peternakan rakyat di Indonesia umumnya mengelola 2 sampai 5 sapi potong per usaha, namun bisa menjadi sebanyak 20 ke 50 sapi potong per badan usaha pada daerah-daerah dimana peternakan sapi potong merupakan mata pencaharian utama penduduknya, seperti NTB dan NTT (BPS STU 2014)

Berikut model bisnis yang tersedia

Address

Kunjungi situs kami

Media Sosial

Disclaimer: