Sulawesi Selatan

Ringkasan Provinsi​

Ibukota

Makassar

Industri utama

Perikanan, Kehutanan, Pertanian


Informasi Pasar

Memasok (-)

hide

0

Heads

Impor (-)
Ternak

0

Heads

Ekspor (-)
Ternak

0

Heads

Ukuran (-)
Pasar

0

Tons

Penggemukan ESCAS
di Provinsi (-)

0

Feedlot

Rumah potong ESCAS
di Provinsi (-)

0

Abattoirs

Pemanfaatan Lahan (Ha)

Infrastruktur Pelabuhan

Pelabuhan untuk Sapi

-

Rute Tol Laut

Tidak tersedia

Waktu bongkar muat (Hari)

Regulasi dan Insentif

-

Feed

Feed Production

Support Systems


Breeding

Cattle
Import

Breeding


Fattening

Fattening


Trading

Cattle
Collector

Interprovince
Trader

External
Market


Processing

Abattoir

Processing


Sektor kuat

Sektor lemah


Gambaran Provinsi

  • Sulawesi Selatan merupakan produsen sapi terbesar ketiga di Indonesia dengan kontribusi 8% dari total populasi sapi nasional.
  • Provinsi ini merupakan pintu gerbang ke Indonesia bagian timur dan berperan sebagai pemasok utama komoditas dan barang ke provinsi-provinsi yang berdekatan seperti Kalimantan, provinsi lainnya di Sulawesi, dan NTB.
  • Sulawesi selatan adalah penyedia sapi potong untuk provinsi di sekitar Indonesia timur seperti untuk pulau Sulawesi dan Kalimantan, sedangkan Sulawesi Selatan juga mendapatkan suplai sapi potong dari provinsi lain di Sulawesi.
  • Realisasi Investasi Dalam Negeri di Sulawesi Selatan pada tahun 2020 mencapai 0,65 Miliar USD dan Investasi Luar Negeri sebesar 0,24 Miliar USD.
  • Meski menjadi salah satu pusat produksi sapi di Indonesia, industri di provinsi tersebut masih sangat terfragmentasi karena mayoritas produksinya berasal dari para peternak kecil.
  • Sulawesi Selatan didukung oleh infrastruktur logistik yang memadai, seperti Pelabuhan Makassar (terbesar di Pulau Sulawesi) dan angkutan ternak di salah satu jalur tol laut nasional. Kapal ternak Camara Nusantara beroperasi di wilayah tersebut, untuk mengangkut sapi ke Kalimantan Timur.

Data Real-Time Harga Daging Sapi di Tiap Provinsi

SIMPONI-Ternak adalah perangkat digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian RI untuk menjawab tingginya kebutuhan akan informasi pasar, yang mencakup harga real-time untuk beberapa komoditas peternakan di setiap provinsi. Untuk harga daging sapi real-time di setiap provinsi, silakan klik tombol di sebelah kanan.


Data Makro Provinsi

Sulawesi Selatan PDRB (miliar USD)

Pilih mata uang

Pilih legenda untuk menyembunyikan data

populasi Sulawesi Selatan (ribu)

UMR Sulawesi Selatan (USD)

populasi sapi Sulawesi Selatan (ekor)

Pertimbangan Investasi​




Cerita dari Lapangan

Cerita Keberhasilan

  • Keberhasilan Perusahaan Ternak Sapi dari Pusat Ternak Terintegrasi sampai Penggemukan

    Berdikari United Livestock (PT BULI) adalah perusahaan yang memiliki fokus pada pengembangan usaha ternak. Perusahaan ini adalah perusahaan ternak sapi potong terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. PT BULI, peternakan daerah seluas 11,000 Ha, memiliki infrastruktur dan lahan yang luas. Walaupun belum memiliki sapi potong, peternakan tersebut memiliki potensi untuk pengembangan usaha ternak sapi. Perusahaan tersebut kini telah memperluas ke sektor penggemukan, mendorong pertumbuhan ekonomi provinsi dan membuka lapangan kerja untuk lebih dari 1,000 sapi ternak. Usaha ini meningkatkan kesejahteraan komunitas

    Lebih lanjut
  • Inisiatif Pusat Ternak Agensi Zakat Nasional Maros Amil untuk Meningkatkan Kesejahteraan Komunitas

    Area Maros di Sulawesi Selatan memiliki potensial yang cukup besar untuk sektor ternak, khususnya untuk ternak kecil dan besar. Pertumbuhan sapi potong termasuk pesat dan ditangani oleh pengusaha kecil. Pusat ternak BAZNAS dipadukan dengan konsep pembibitan dan penggemukan dengan memberdayakan komunitas lokal, khususnya peternak dan pengusaha kecil. Pembibitan dan penggemukan di daerah tersebut dibuat untuk meningkatkan jumlah populasi ternak dan ekonomi daerah. Untuk memenuhi permintaan pakan dalam usaha ternak, petani menumbuhkan pangan secara mandiri. Model yang digunakan disebut economy community development dengan menyediakan aset produktif dalam bentuk bibit sapi ternak.

    Lebih lanjut

Pelajaran yang Didapat

  • Manajemen Kurang Baik terhadap Bantuan Ternak

    Pengusaha kecil di Sulawesi Tenggara memerlukan bantuan dalam bentuk dana dan bibit sapi potong untuk mempercepat pertumbuhan ternak sapi potong. Pemerintah daerah merespon dengan menyediakan kedua bantuan tersebut dengan sistem lelang. Namun, mayoritas dari bibit sapi ternak tidak dapat bertahan hidu di daerah tersebut yang disebabkan oleh beberapa faktor. Sehingga, bibit ternak yang didapat dari pemerintah biasanya langsung dijual kepada institusi lain tanpa melalui proses budidaya dan penggemukan yang benar untuk menghindari kejadian tidak diinginkan terhadap sapi ternak di lahan mereka.

    Lebih lanjut

Model Bisnis yang Tersedia


Jumlah Feedlot Komersial

5

Jumlah Breedlot Komersial

1

Jumlah Smallholder

231.495

Sulawesi Selatan dipenuhi oleh peternak rakyat yang menerapkan model Cut and Carry. Hasil panen agrikultur yang tinggi mendukung penerapan model ini, dengan membantu menjamin ketersediaan pakan tambahan untuk sapi.

Definisi

  1. Feedlot komersial adalah badan usaha resmi dengan tujuan meningkatkan berat badan dari sapi potong (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2020)
  2. Breedlot komersial adalah badan usaha resmi yang fokus pada membesarkan sapi potong untuk memproduksi sapi-sapi baru dengan sifat yang menyerupai indukannya (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2020)
  3. Smallholders atau peternakan rakyat adalah usaha sapi potong skala kecil, umumnya dikelola rumah tangga, dengan jumlah kawanan ternak yang beragam. Peternakan rakyat di Indonesia umumnya mengelola 2 sampai 5 sapi potong per usaha, namun bisa menjadi sebanyak 20 ke 50 sapi potong per badan usaha pada daerah-daerah dimana peternakan sapi potong merupakan mata pencaharian utama penduduknya, seperti NTB dan NTT (BPS STU 2014)

Berikut model bisnis yang tersedia