NTT

Ringkasan Provinsi​

Ibukota

Kupang

Industri utama

Perikanan, Kehutanan, Pertanian


Informasi Pasar

Memasok (-)

hide

0

Heads

Impor (-)
Ternak

0

Heads

Ekspor (-)
Ternak

0

Heads

Ukuran (-)
Pasar

0

Tons

Penggemukan ESCAS
di Provinsi (-)

0

Feedlot

Rumah potong ESCAS
di Provinsi (-)

0

Abattoirs

Pemanfaatan Lahan (Ha)

Infrastruktur Pelabuhan

Pelabuhan untuk Sapi

-

Rute Tol Laut

Tidak tersedia

Waktu bongkar muat (Hari)

Regulasi dan Insentif

-

Feed

Feed Production

Support Systems


Breeding

Cattle
Import

Breeding


Fattening

Fattening


Trading

Cattle
Collector

Interprovince
Trader

External
Market


Processing

Abattoir

Processing


Sektor kuat

Sektor lemah


Gambaran Provinsi

  • Nusa Tenggara Timur (NTT) menempati peringkat kelima provinsi dengan populasi sapi potong terbanyak di Indonesia.
  • NTT memiliki sekitar 800.000 Ha area pengembalaan yang tersedia dan telah dimanfaatkan untuk pengembalaan ternak oleh petani rakyat setempat.
  • Provinsi ini juga dilengkapi dengan keberadaan 8 pelabuhan yang terletak di 3 pulau berbeda (Timor, Flores, dan Pulau Sumba) yang dapat mendukung logistik sapi hidup maupun daging sapi ke luar provinsi. Pelabuhan di NTT juga sudah terintegrasi menjadi salah satu jalur Tol Laut nasional khusus untuk sapi yang dipasok ke Jakarta, Kalimantan, dan Sulawesi.
  • NTT adalah pemasok sapi potong utama untuk provinsi di pulau Jawa. Sebaliknya, NTT tidak mendapatkan suplai sapi potong dari provinsi lain.
  • Selain industri peternakan, NTT juga terkenal dengan pertanian, kehutanan, dan perikanannya yang secara keseluruhan menjadi penyumbang terbesar PDRB NTT.
  • Realisasi Investasi Dalam Negeri di NTT pada tahun 2020 mencapai 0,22 Miliar USD dan Investasi Luar Negeri sebesar 0,08 Miliar USD.

Data Real-Time Harga Daging Sapi di Tiap Provinsi

SIMPONI-Ternak adalah perangkat digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian RI untuk menjawab tingginya kebutuhan akan informasi pasar, yang mencakup harga real-time untuk beberapa komoditas peternakan di setiap provinsi. Untuk harga daging sapi real-time di setiap provinsi, silakan klik tombol di sebelah kanan.


Data Makro Provinsi

NTT PDRB (miliar USD)

Pilih mata uang

Pilih legenda untuk menyembunyikan data

populasi NTT (ribu)

UMR NTT (USD)

populasi sapi NTT (ekor)

Pertimbangan Investasi​




Cerita dari Lapangan

Cerita Keberhasilan

  • Kerjasama perusahaan yang sukses antara pemasok dan distributor

    PD Dharma Jaya merupakan BUMD Provinsi DKI Jakarta yang bekerjasama dengan BUMD Provinsi NTT untuk memasok daging ke wilayah Jakarta.

    Lebih lanjut

Pelajaran yang Didapat

    Model Bisnis yang Tersedia


    Jumlah Feedlot Komersial

    2

    Jumlah Breedlot Komersial

    0

    Jumlah Smallholder

    174.091

    NTT adalah provinsi yang unggul dalam model pembibitan dan penggemukan, didukung oleh rencana pemerintah untuk meningkatkan produksi pedet dan ketersediaan lahan yang dialokasikan untuk usaha peternakan. Peternakan rakyat sangat umum di provinsi ini, selain dari segi ekonomi rumah tangga, kepemilikan sapi dalam rumah tangga memiliki nilai sosial yang unik (sebagai aset rumah tangga) 

    Definisi

    1. Feedlot komersial adalah badan usaha resmi dengan tujuan meningkatkan berat badan dari sapi potong (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2020)
    2. Breedlot komersial adalah badan usaha resmi yang fokus pada membesarkan sapi potong untuk memproduksi sapi-sapi baru dengan sifat yang menyerupai indukannya (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2020)
    3. Smallholders atau peternakan rakyat adalah usaha sapi potong skala kecil, umumnya dikelola rumah tangga, dengan jumlah kawanan ternak yang beragam. Peternakan rakyat di Indonesia umumnya mengelola 2 sampai 5 sapi potong per usaha, namun bisa menjadi sebanyak 20 ke 50 sapi potong per badan usaha pada daerah-daerah dimana peternakan sapi potong merupakan mata pencaharian utama penduduknya, seperti NTB dan NTT (BPS STU 2014)

    Berikut model bisnis yang tersedia