Kalimantan Barat

Ringkasan Provinsi​

Ibukota

Pontianak

Industri utama

Perdagangan, Pertambangan, Pertanian


Informasi Pasar

Memasok (-)

hide

0

Heads

Impor (-)
Ternak

0

Heads

Ekspor (-)
Ternak

0

Heads

Ukuran (-)
Pasar

0

Tons

Penggemukan ESCAS
di Provinsi (-)

0

Feedlot

Rumah potong ESCAS
di Provinsi (-)

0

Abattoirs

Pemanfaatan Lahan (Ha)

Infrastruktur Pelabuhan

Pelabuhan untuk Sapi

-

Rute Tol Laut

Tidak tersedia

Waktu bongkar muat (Hari)

Regulasi dan Insentif

-

Feed

Feed Production

Support Systems


Breeding

Cattle
Import

Breeding


Fattening

Fattening


Trading

Cattle
Collector

Interprovince
Trader

External
Market


Processing

Abattoir

Processing


Sektor kuat

Sektor lemah


Gambaran Provinsi

  • Kalimantan Barat merupakan provinsi dengan populasi sapi yang relatif kecil dibandingkan dengan provinsi utama pengembangan ternak sapi lainnya di Indonesia.
  • Industri kelapa sawit memegang peranan penting di Kalimantan Barat, dengan perkebunan yang menempati area yang substansial. Hal ini membuka peluang untuk mengintegrasikan peternakan sapi dan memanfaatkan produk samping kelapa sawit sebagai pakan, berpotensi menurunkan biaya produksi.
  • Realisasi Investasi Domestik di Kalimantan Barat mencapai 9,3 triliun IDR sementara Realisasi Investasi Asing mencapai USD 0,7 Miliar di tahun 2022.
  • Meskipun Kalimantan Barat memiliki beberapa pelabuhan, pelabuhan utama yang saat ini digunakan untuk kegiatan transportasi ternak sapi adalah Pelabuhan Pontianak.
  • Meskipun populasi sapi yang lebih kecil, Kalimantan Barat memiliki potensi untuk berkembang dalam sektor peternakan sapi karena ketersediaan lahan yang cocok untuk penggembalaan dan peningkatan permintaan daging sapi di provinsi tersebut. Namun, peningkatan infrastruktur dan keseluruhan rantai nilai sangat penting untuk mendukung industri pembibitan skala besar.

Data Real-Time Harga Daging Sapi di Tiap Provinsi

SIMPONI-Ternak adalah perangkat digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian RI untuk menjawab tingginya kebutuhan akan informasi pasar, yang mencakup harga real-time untuk beberapa komoditas peternakan di setiap provinsi. Untuk harga daging sapi real-time di setiap provinsi, silakan klik tombol di sebelah kanan.


Data Makro Provinsi

Kalimantan Barat PDRB (miliar USD)

Pilih mata uang

Pilih legenda untuk menyembunyikan data

populasi Kalimantan Barat (ribu)

UMR Kalimantan Barat (USD)

populasi sapi Kalimantan Barat (ekor)

Pertimbangan Investasi​




Cerita dari Lapangan

Cerita Keberhasilan

  • Kalimantan Barat Siap Terapkan SISKA Untuk Akselerasi Perkebunan Sawit Berkelanjutan

    Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat proaktif mempromosikan integrasi sawit-sapi (SISKA) melalui sosialisasi dan workshop. Workshop yang menghadirkan para ahli membahas berbagai aspek SISKA, mulai dari kebijakan nasional hingga praktik terbaik pengelolaan. SISKA dinilai strategis bagi Kalimantan Barat karena dapat meningkatkan populasi sapi, menjamin ketahanan pangan, menyediakan pupuk organik, dan menciptakan lapangan kerja. Workshop ini menekankan pentingnya pengelolaan SISKA yang tepat dan kolaborasi berbagai pihak untuk mewujudkan keberlanjutan program dan industri sawit di Kalimantan Barat.

    Lebih lanjut

Pelajaran yang Didapat

  • Monitoring dan Evaluasi Bimbingan Teknis (Monev Bimtek)

    Program Kemitraan Indonesia-Australia Red Meat and Cattle (IARMCP) dan SISKA Supporting Program (SSP) melakukan monitoring dan evaluasi rutin terhadap klaster SISKA MEMBARA di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Evaluasi ini bertujuan untuk melihat perkembangan program dan merancang strategi yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Beberapa poin penting yang ditemukan adalah perlunya penggunaan pagar listrik untuk mengendalikan sapi, pentingnya keberadaan pejantan unggul, dan pentingnya pelatihan untuk pengelolaan ternak. Kerja sama antara berbagai pihak terkait pemerintah, swasta, dan akademisi diperlukan untuk keberlangsungan program ini.

    Lebih lanjut

Model Bisnis yang Tersedia


Jumlah Feedlot Komersial

0

Jumlah Breedlot Komersial

0

Jumlah Smallholder

33.890

Sebagai provinsi yang cukup fokus pada industri perkebunan kelapa sawit, Kalimantan Barat memiliki potensi yang tinggi untuk pengembangan lebih lanjut dalam pembentukan model pembibitan SISKA.

Definisi

  1. Feedlot komersial adalah badan usaha resmi dengan tujuan meningkatkan berat badan dari sapi potong (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2022.
  2. Breedlot komersial adalah badan usaha resmi yang fokus pada membesarkan sapi potong untuk memproduksi sapi-sapi baru dengan sifat yang menyerupai indukannya (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2022).
  3. Smallholders atau peternakan rakyat adalah usaha sapi potong skala kecil, umumnya dikelola rumah tangga, dengan jumlah kawanan ternak yang beragam. Peternakan rakyat di Indonesia umumnya mengelola 2 sampai 5 sapi potong per usaha, namun bisa menjadi sebanyak 20 ke 50 sapi potong per badan usaha pada daerah-daerah dimana peternakan sapi potong merupakan mata pencaharian utama penduduknya, seperti NTB dan NTT (BPS STU 2014)

Berikut model bisnis yang tersedia