Jawa Timur

Ringkasan Provinsi​

Ibukota

Surabaya

Industri utama

Manufaktur, Pertanian


Informasi Pasar

Memasok (-)

hide

0

Heads

Impor (-)
Ternak

0

Heads

Ekspor (-)
Ternak

0

Heads

Ukuran (-)
Pasar

0

Tons

Penggemukan ESCAS
di Provinsi (-)

0

Feedlot

Rumah potong ESCAS
di Provinsi (-)

0

Abattoirs

Pemanfaatan Lahan (Ha)

Infrastruktur Pelabuhan

Pelabuhan untuk Sapi

-

Rute Tol Laut

Tidak tersedia

Waktu bongkar muat (Hari)

Regulasi dan Insentif

-

Feed

Feed Production

Support Systems


Breeding

Cattle
Import

Breeding


Fattening

Fattening


Trading

Cattle
Collector

Interprovince
Trader

External
Market


Processing

Abattoir

Processing


Sektor kuat

Sektor lemah


Gambaran Provinsi

  • Jawa Timur merupakan pusat pertumbuhan ekonomi daerah Indonesia Timur. Daerah ini memainkan peranan sebagai pintu gerbang niaga antara Indonesia bagian barat dan timur (seperti barang hasil produksi yang banyak disuplai dari Jawa Timur) serta perdagangan internasional.
  • Realisasi Investasi Dalam Negeri pada tahun 2020 di Provinsi Jawa Timur mencapai 3,98 Miliar USD dan Investasi Luar Negeri sebesar 1,58 Miliar USD.
  • Memiliki bandar udara internasional dan pelabuhan yang dapat menunjang aktivitas inbound dan outbound sapi potong.
  • Jawa Timur memiliki populasi sapi potong terbanyak di Indonesia, sebesar 28% dari populasi sapi ternak nasional. Jawa Timur juga merupakan provinsi yang mengkonsumsi daging sapi secara signifikan, serta memiliki rantai nilai sapi potong yang sudah maju.
  • Jawa Timur adalah penyedia sapi potong untuk provinsi di sekitar pulau Jawa dan beberapa provinsi di luar pulau Jawa. Sementara itu, Jawa Timur mendapatkan suplai sapi potong dalam jumlah sangat kecil dari provinsi lain di pulau Jawa.
  • Selain itu, PDB Jawa Timur tumbuh pada 8.8% (2014-2019), yakni di atas pertumbuhan GDP nasional yang tercatat sebesar 8.2% di tahun yang sama, dengan sektor manufaktur sebagai kontributor terbesar pada PDB Provinsi Jawa Timur.

Data Real-Time Harga Daging Sapi di Tiap Provinsi

SIMPONI-Ternak adalah perangkat digital yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian RI untuk menjawab tingginya kebutuhan akan informasi pasar, yang mencakup harga real-time untuk beberapa komoditas peternakan di setiap provinsi. Untuk harga daging sapi real-time di setiap provinsi, silakan klik tombol di sebelah kanan.


Data Makro Provinsi

Jawa Timur PDRB (miliar USD)

Pilih mata uang

Pilih legenda untuk menyembunyikan data

populasi Jawa Timur (ribu)

UMR Jawa Timur (USD)

populasi sapi Jawa Timur (ekor)

Pertimbangan Investasi​




Cerita dari Lapangan

Cerita Keberhasilan

  • Kolaborasi yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan peternak rakyat

    PT Santori memberikan pembedayaan pada peternak rakyat pembibitan sapi dalam bentuk dukungan finansial dan asuransi usaha serta menyerap hasil produksi sapi yang siap digemukkan melalui kapabilitas PT Santori sebagai perusahaan sapi potong yang terintegrasi.

    Lebih lanjut

Pelajaran yang Didapat

  • Pentingnya monitoring kesehatan dan vaksinasi hewan ternak

    Jawa Timur masih mengalami tingginya kasus Brucellosis yang menyebabkan ketidaksuburan sapi dan keguguran. Hal ini dapat digcegah melalui vaksinasi, dan analisis sampel darah secara berkala, namun aktivitas tersebut masih minim.

    Lebih lanjut

Model Bisnis yang Tersedia


Jumlah Feedlot Komersial

5

Jumlah Breedlot Komersial

1

Jumlah Smallholder

1.848.888

Jawa Timur memiliki jumlah peternak rakyat tertinggi di Indonesia. Meski ketersediaan lahan terbatas, provinsi ini tetap memiliki kemampuan produksi daging dan sapi yang tinggi dengan menerapkan model Cut and Carry. Pemerintah juga telah menyediakan dukungan melalui program inseminasi buatan.

Definisi

  1. Feedlot komersial adalah badan usaha resmi dengan tujuan meningkatkan berat badan dari sapi potong (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2020)
  2. Breedlot komersial adalah badan usaha resmi yang fokus pada membesarkan sapi potong untuk memproduksi sapi-sapi baru dengan sifat yang menyerupai indukannya (BPS, Statistik Perusahaan Peternakan – Ternak Besar dan Ternak Kecil 2020)
  3. Smallholders atau peternakan rakyat adalah usaha sapi potong skala kecil, umumnya dikelola rumah tangga, dengan jumlah kawanan ternak yang beragam. Peternakan rakyat di Indonesia umumnya mengelola 2 sampai 5 sapi potong per usaha, namun bisa menjadi sebanyak 20 ke 50 sapi potong per badan usaha pada daerah-daerah dimana peternakan sapi potong merupakan mata pencaharian utama penduduknya, seperti NTB dan NTT (BPS STU 2014)

Berikut model bisnis yang tersedia